Breaking

Apakah Anda Memiliki Sifat-Sifat Penghuni Surga

SIFAT SIFAT PENGHUNI SURGA
Sifat-Sifat Penghuni Surga- Allah subhanahu wa ta’ala juga telah menjelaskan sifat-sifat penghuni surga kepada hamba-Nya agar mereka berlaku dan berupaya untuk memiliki sifat-sifat tersebut supaya mereka di masukkan ke dalam surga-Nya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: 

“Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Rabbnya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya, maka sungguh, surgalah tempat tinggal (nya). “
 (An-Nazi’at: 40-41).


Ubad bin Shamit radhiyallahu’anhu meriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya : 

“Barang siapa yang bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah satu-satunya dengan tidak menyekutukan-Nya dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya dan (bersaksi) bahwa ‘Isa adalah hamba Allah, utusan-Nya dan firman-Nya yang Allah berikan kepada Maryam dan ruh dari-Nya, dan surga adalah haq (benar adanya), dan neraka adalah haq, maka Allah akan memasukkan orang itu ke dalam surga betapapun bagaimanapunkeadaan  amalnya.” 
(HR. Bukhari)

Abu Hurairah radhiyallahu’anhu berkata, “Rasulullah shallallahu a’alaihi wa sallam bersabda yang artinya : 

“Surga dan neraka berbantah-bantahan. Neraka berkata, “Orang-orang congkak dan sombong memasukiku. “Surga berkata, ‘Orang-orang lemah dan orang-orang miskin memasukiku. ‘Lalu Allah berfirman kepada neraka, ‘Kau adalah siksa-Ku, denganmu Aku menyiksa siapa pun yang Aku kehendaki. ‘Dan Allah berfirman kepada surga, ‘Kau adalah rahmat-Ku, denganmu Aku merahmati siapa saja yang Aku kehendaki dan masing-masing dari kalian berdua berisi penuh’. 
(HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA: ARTIKEL ISLAMI LAINNYA


Haritsah bin Wahab radhiyallahu’anhu meriwayatkan bahwa dia mendengar Nabi shallallahu a’laihi wa sallam bersabda:yang artinya : 

“Maukah kalian aku beritahu penghuni surga?” Mereka menjawab, “Ya. “Beliau bersabda, “Setiap orang lemah dan diperlemah. Andai ia telah bersumpah atas nama Allah pasti Allah akan menunaikannya.” Setelah itu beliau bertanya, “Maukah kalian aku beritahu penghuni neraka?” Mereka menjawab, “Ya. “Beliau bersabda, “Yaitu setiap yang suka berkata kasar, congkak dalam berjalan, dan sombong.” 
(HR.Bukhari dan Muslim)

Maksud “al-‘utl al-jawwadz” yaitu berperangai jahat dan berkata kasar serta berjalan dengan congkak dan pongah.

Penghuni surga sebagaimana yang disebutkan pada nash-nash di atas memiliki sifat dan akhlak yang mana Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengabarkannya sebagai dorongan bagi kita untuk mencontohnya agar bisa menjadi sebab untuk masuk surga.
Kesimpulan hadits-hadits diatas ialah :
  • Di antara sifat penghuni surga yaitu takut kepada Allah dan menahan hawa nafsu yang menyelisihi syariat.
  • Di antara sifat yang paling agung penghuni surga yaitu memurnikan tauhid hanya untuk Allah subhanahu wa ta’ala.
  • Di antara akhlak penghuni surga yaitu meninggalkan tindak kesewenang-wenangan dan kesombongan terhadap orang lain.

Salamtour hadirkan paket umroh murah pesawat saudiairlines langsung Madinah.

No comments:

Powered by Blogger.