Breaking

Perkara-perkara Yang Dilarang Oleh Syariat


blogilmubaru.blogspot.co.id Ada beberapa perkara yang dianggap sepele oleh manusia, padahal perkara tersebut dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya, yaitu:

Pertama, larangan berjalan dengan satu sandal. diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

 “janganlah salah seorang di antara kalian berjalan dengan satu sandal, Hendaklah ia memakai keduanya atau melepas keduanya. (HR. Mulsim)

Abu Hurairah juga meriwayatkan hadits yang lain, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam
bersabda yang artinya:

“jika tali sandal salah seorang di antara kalian terputus, maka janganlah kalian berjalan dengan sebelah sandal hingga kalian memperbaikinya terlebih dahulu. (HR. Bukhari )


Kedua, larangan memasuki tempat-tempat kaum yang di azab. Ibnu Umar meriwayatkan yang artinya:

 “Bahwasannya Nabi shalallahu alaihi wa sallamketika berjalan melewati Al-Hijr (Kota Kamunya Nabi Shaleh ), beliau bersabda, janganlah kalian memasuki tempat tinggal orang-orang yang telah menzhalimi diri mereka sendiri kecuali jika kalian menangis, karena dikhawatirkan kalian terkena musibah sebagaimana mereka mendapatkanya,’kemudian beliau menutup kepala dan wajah beliau sedangkan beliau berada di atas tunggangan. (HR.Bukhari )


BACA JUGA: ARTIKEL ISLAMI LAINNYA


ketiga, larangan melakukan penyiksaan dengan api. Abu Hurairah meriwayatkan, Rauslullah shalallahu alaihi wa sallambersabda, yang artinya:

“Sesungguhnya, tidak boleh ada yang menyiksa dengan api kecuali Allah.(HR.Bukhari)

Di dalam hadits yang lain disebutakan, Ali meriwayatkan, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallambersabda, yang artinya:

“Janganlah kalian menyiksa dengan siksaan Allah (Yaitu dengan api). (HR.Bukhari)

Hadits-hadits di atas menunjukkan bahwa syariat melarang beberapa perbuatan karena suatu hikmah dan kemaslahatan yang adakalanya tidak kita ketahui. akan tetapi, wajib bagi kita untuk tunduk dan berusaha meninggalkanya sehingga seseorang tidak terjebak dalam tindakan menyelisihi perintah Rasulullah saw.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari penjelasan di atas adalah:

  • Makruh berjalan dengan menggunakan satu alas kaki.
  • Larangan memasuki tempat-tempat kaum yang diazab, seperti kota-kota kaumnya Nabi shalih, kecuali untuk tujuan mengambil pelajaran.
  • Larangan melakukan penyiksaan dengan Api.
Umroh murah langsung madinah menggunakan pesawat saudiairlines fasilitas hotel bintang 4 dengan pelayanan maksimal hanya di salamtour.com

No comments:

Powered by Blogger.