Breaking

Kenapa Sedekah Harus Dirahasiakan



blogilmubaru.blogspot.co.id - Sedekah ini merupakan amalan yang unik. Bagaimana tidak, ia akan semakin bernilai besar pahalanya dengan tingkat kesulitan yang berbeda dalam mengamalkan.

Allah Swt berfirman yang artinya :

“Jika Kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, Maka itu lebih baik bagimu. (Al-Baqarah : 271)

Dengan merahasiakan sedekah, kita akan mendapat keutamaan memperoleh naungan-Nya di hari Kiamat. Abu Hurairah meriwayatkan dari Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya :

“Ada tujuh golongan (orang beriman) yang akan mendapat naugnan Allah di bawah naungan-Nya pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. 
  • Yaitu : pemimpin yang adil. 
  • pemuda yang tumbuh di atas kebiasaan ibadah kepada Rabbnya, 
  • lelaki yang hatinya terpaut dengan masjid.
  • dua orang yang saling mencintai karena Allah sehingga keduanya bertemu karena Allah dan berpisah karena Allah.
  • lelaki yang diajak (berzina) oleh seorang wanita kaya lagi cantik lalu ia berkata, ‘Aku takut kepada Allah.
  • seorang yang bersedekah dengan sembunyi –sembunyi hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya.
  • dan seorang laki-laki yang berdzikir kepada Allah dalam keadaan sendiri hingga kedua matanya basah karena menangis (HR.Bukhari)

BACA JUGA : ARTIKEL ISLAMI LAINNYA

Merahasiakan sedekah dapat menjauhkan pelakunya dari berbuat riya dan membantunya untuk mengikhlaskan niat hanya untuk Allah Swt semata. 

Merahasiakan sedekah juga dapat menutupi aib orang yang menerima sedekah kita, sekaligus menjaga kehormatannnya dengan tidak menghinakannya di hadapan orang lain. Karena itulah Allah Swt sangat mencintai sedekah dengan sembunyi-sembunyi, dan Rasulullah saw pun menjanjikan bagi orang yang bisa menyembunyikan sedekahnya dengan pahala yang besar pada hari kiamat.

Adapun pelajaran yang dapat kita ambil dari untaian hadits di atas :
  • Merahasiakan sedekah lebih baik dibanding menampakkannya.
  • Keutamaan merahasiakan sedekah, dan Bahwa Allah akan menaungi orang yang merahasiakan sedekahnya dengan naungan arsy-Nya pada hari kiamat.


umroh murah langsung madinah menggunakan pesawat saudiairlines fasilitas hotel bintang 4 dengan pelayanan maksimal hanya di salamtour.com

No comments:

Powered by Blogger.