Breaking

Haramnya Takabur (Sombong) dan Ancaman Terhadapnya


Menilai orang lain itu mudah, tetapi menilai diri sendiri itu sangat sulit


Kadang kita mengira mempunyai sesuatu kelebihan dari orang lain sudah cukup untuk membuktikan bahwa kita lebih baik dari mereka. Benih-benih keangkuhan mulai tumbuh dalam hati. penyakit ini mempunyai akibat yang buruk di kemudian hari.
 
Allah Subhanahu Wa Ta'ala  berfirman yang artinya:
“Dikatakan (kepada mereka), ‘Masukilah pintu-pintu neraka jahanam itu, (Kamu) kekal di dalam-nya,’Maka (neraka Jahanam) itulah seburuk-buruk tempat tinggal bagi orang-orang yang menyombongkan diri. (Az-Zumar : 72)

Dalam kehidupan akhirat kelak, sifat inilah yang akan membinasakan seseorang.
  1. Tidak akan Masuk surga jika dalam hati ada benih kesombongan Abdullah bin Mas’ud meriwayatkan dari Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam berasbda yang artinya:
“Tidak akan masuk surga, orang yang di dalam hatinya terdapat seberat biji sawi dari kesombongan.” Seorang laki-laki bertanya, Sesungguhnya laki-laki menyukai jika baju dan sandalnya bagus (apakah ini termasuk kesombongan) ?’ Beliau menjawab, Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai yang indah, kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR.Muslim)
  1. Termasuk penghuni neraka.
Haritsah bin Wahb berkata “Aku mendengar Nabi bersabda yang artinya: Maukah kalian aku beritahukan mengenai penghuni neraka? Yaitu setiap yang suka berkata kasar, congkak dalam berjalan dan sombong.” (HR.Bukhari )
  1. Tidak akan dilihat Allah.
Abu Hurairah saw meriwayatkan bahwasannya Rasulullah bersabda yang artinya:
Allah tidak akan melihat pada hari kiamat orang yang menjulurkan kain sarungnya karena sombong. (Muttafaq alaih)

Kemuliaan adalah sarung-Nya dan kesombongan adalah selendang-Nya Barangsiapa menentang-Ku, maka aku akan mengadzabnya “ (HR.Muslim)

Sombong merupakan sifat yang siapapun tidak ada yang berhak menyandangnya kecuali Allah Subhanahu Wa Ta'ala Sombong bagi manusia adalah sifat tercela dan merupakan sifat penghuni neraka. Sombong juga termasuk dosa besar yang Allah mengancam pelakunya dengan adzab yang pedih pada hari kiamat kelak Rasulullah saw juga mengabarkan bahwasannya tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat suatu kesombongan.

Adapun hikmah dari untaian Hadits di atas :
  • Haramnya sifat sombong dan ancaman terhadapnya, serta sombong termasuk dosa-dosa besar.
  • Sombong merupakan sifat penghuni neraka.
  • Pengertian sombong yaitu menolak kebenaran dan tidak mau meneriman
Umroh murah langsung madinah menggunakan pesawat saudiairlines fasilitas hotel bintang 4 dengan pelayanan maksimal hanya di umroh januari 2017

No comments:

Powered by Blogger.